Cara Memulai Bisnis Truk Makanan

Cara Memulai Bisnis Truk Makanan

Cara Memulai Bisnis Truk MakananDi masa lalu, truk makanan mungkin terlihat sebagai cara cepat untuk mengambil sepiring junk food, tetapi hari ini mereka menawarkan lebih banyak.

Cara Memulai Bisnis Truk Makanan

treasureislandflea – Hidangan gourmet kini disajikan di seluruh dunia dari truk bergerak yang lucu. Jika Anda seorang juru masak atau koki yang ingin memulai bisnis mereka sendiri, Anda bukan satu-satunya. Para ahli memperkirakan bisnis truk makanan bernilai hampir $ 1 miliar dolar pada tahun 2021.

Kami di sini untuk memandu Anda melalui langkah-langkah yang diperlukan untuk memulai bisnis truk makanan. Ini mencakup semuanya, mulai dari menyusun rencana bisnis hingga memilih truk yang tepat. Mari kita mulai.

Baca Juga : Festival Truk Makanan di AS yang Menawarkan Makanan Terbaik

Apa itu truk makanan dan mengapa Anda harus menjalankannya?

Sederhananya, truk makanan adalah kendaraan (biasanya bergerak) yang digunakan untuk menyajikan semua jenis makanan. Konsep ini dipopulerkan oleh festival, tetapi sekarang truk makanan ada di mana-mana – dari bar luar hingga tempat acak di kota-kota besar.

Ada menu truk makanan untuk selera semua orang. Jenis makanan dapat bervariasi dari bagel dan donat hingga perpaduan Meksiko/Asia. Taco Ikan Ricky, Truk Fukuburger, Khao Man Gai Nong, Lobster Luke, dan BBQ Kogi adalah beberapa nama besar di industri ini.

Meskipun pekerjaannya berat, ada beberapa keuntungan besar memiliki dan mengoperasikan truk makanan. Pertama-tama, truk makanan umumnya bergerak sehingga Anda tidak terpaku pada satu lokasi. Anda dapat membawa bisnis Anda ke mana pun pelanggan Anda berada.

Kedua, biaya operasional truk makanan lebih rendah daripada restoran biasa. Anda tidak perlu membeli atau menyewa gedung atau ruang ritel untuk menyajikan makanan.

Plus, Anda tidak perlu mempekerjakan banyak orang sebagai pelayan. Ini berarti anggaran Anda dapat digunakan untuk produk, asuransi, dan izin yang lebih berkualitas.

Last but not least, Anda bisa memulai dari yang kecil. Prabhu Thankaraju dalam Startup 500 Business Ideas menyatakan bahwa biaya startup truk makanan rata-rata berkisar antara $40.000 – $200.000. Sebagai perbandingan, biaya pembukaan restoran duduk dapat berkisar dari $175.000 hingga $750.000, menurut survei oleh RestaurantOwner.com .

Dengan pemikiran ini, tidak mengherankan bahwa truk makanan adalah prospek yang menarik bagi pengusaha makanan pemula.

Namun, ingatlah bahwa Anda tidak dapat membangun kesuksesannya dalam semalam. Ada jam kerja yang melelahkan untuk bertahan, dan banyak peraturan yang harus diperhatikan. Sekarang, mari pelajari cara memulai bisnis truk makanan Anda sendiri.

Bagaimana memulai bisnis truk makanan

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis truk makanan Anda sendiri, ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai:

  • Temukan target pasar yang tepat
  • Penelitian hal pertama adalah siapa pelanggan Anda nantinya.

Ini bisa sesederhana mengunjungi pesaing Anda sebagai pelindung. Amati jenis orang yang berkunjung, waktu mereka tiba, apa yang mereka beli, dan berapa banyak yang mereka belanjakan.

Untuk mengumpulkan data spesifik tentang produk Anda, jalankan survei. Survei memberikan wawasan tentang berapa banyak uang yang bersedia dibelanjakan orang, seberapa sering mereka makan di luar, dan restoran apa yang mereka sukai untuk dikunjungi.

Berdasarkan penelitian Anda, Anda dapat mulai membuat item menu dan mengembangkan branding Anda.

Beri merek bisnis Anda

Sekarang setelah Anda memiliki data pasar, mari kembangkan merek truk makanan Anda. Karena bisnis truk makanan sangat kompetitif, penting untuk menonjol dan mudah diingat.

Saat menamai bisnis truk makanan Anda, pastikan itu menarik. Nama harus deskriptif namun unik. Generator nama bisnis gratis Zyro adalah tempat yang bagus untuk memulai.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memasukkan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda dan generator Zyro akan memberikan saran yang menarik. Anda juga perlu mempertimbangkan aspek visual dari merek.

Jika Anda tidak ingin membayar desainer untuk sebuah logo, coba gunakan pembuat logo Zyro . Sangat mudah untuk memulai dan logonya gratis untuk Anda gunakan.

Blok bangunan penting lainnya untuk bisnis Anda adalah estetika merek, termasuk skema warna, presentasi makanan, visual kemasan, dan kehadiran online.

Buat rencana bisnis

Menulis rencana bisnis akan membantu Anda menetapkan tujuan yang realistis. Dengan hati-hati mendokumentasikan keputusan bisnis Anda menetapkan dasar untuk visi yang dapat dicapai

Dalam rencana bisnis, Anda biasanya harus menyertakan:

  • Ringkasan bisnis – menggambarkan peluang pertumbuhan dan prospek masa depan, serta industri makanan secara umum dan dampaknya terhadap bisnis Anda.
  • Analisis pasar dan industri – ikhtisar tren industri, target konsumen, dan pesaing potensial.
  • Manajemen dan organisasi – merinci bagaimana organisasi Anda terstruktur dan bagaimana staf dikelola.
  • Detail produk dan layanan – detail produksi makanan, pengiriman, sumber daya, dan biaya yang terlibat.
  • Pemasaran – branding, dan strategi pemasaran, biayanya.
  • Pendanaan dan proyeksi keuangan – tentukan biaya operasi dan tetapkan tujuan laba yang wajar untuk mencapai titik impas.
  • Luangkan waktu untuk mempelajari seluk beluk manajemen bisnis. Anda perlu memahami akuntansi dan pengetahuan keuangan lainnya.

Jangan pernah terlalu menyederhanakan ruang lingkup bisnis Anda untuk membuat keputusan bisnis yang tepat, dan mencegah pengawasan yang serius.

Pahami peraturan yang relevan

Jangan pernah mengabaikan hukum saat menjalankan bisnis truk makanan.

Karena setiap daerah memiliki peraturannya sendiri, pastikan untuk berkenalan dengan mereka yang relevan dengan Anda. Beberapa lisensi dan izin standar yang Anda butuhkan adalah:

Izin Usaha dan Kendaraan – Surat Izin Mengemudi saja tidak cukup, Anda juga perlu membuatnya untuk menjalankan bisnis! Setiap kota dan negara bagian memiliki persyaratan dan biaya lisensi yang berbeda, jadi awasi mereka.

Anda dapat berjejaring dengan perusahaan dan asosiasi kuliner lokal untuk tetap mendapat informasi. ID Karyawan berisi nomor identifikasi pemberi kerja, yang digunakan oleh pihak berwenang untuk mengidentifikasi bisnis Anda dan mengumpulkan pajak. Sertifikat kebakaran dan kesehatan departemen kebakaran dan kesehatan mengharuskan bisnis Anda lulus ujian agar memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat. Pemadam kebakaran akan memeriksa truk dan area memasak Anda untuk keamanan kebakaran.

Departemen kesehatan akan memeriksa kebersihan dan keamanan makanan Anda, dapur dalam truk, dan stasiun makanan komersial (komisaris). Izin parkir dan penjamah makanan izin parkir mengizinkan kendaraan Anda untuk tidak bergerak di suatu area untuk jangka waktu tertentu. Sementara itu, izin penjamah makanan diberikan kepada karyawan Anda setelah lulus uji keamanan penyiapan makanan.

Jika Anda perlu tahu lebih banyak tentang pembatasan hukum, serta lisensi dan izin wajib lainnya, pastikan untuk menghubungi pejabat lingkungan Anda untuk informasi lebih lanjut.

Mengamankan pendanaan

Selesaikan rencana bisnis Anda terlebih dahulu. Semakin cepat rencana bisnis Anda siap, semakin cepat Anda dapat mencari pendanaan.

Anda bisa mendapatkan pembiayaan dengan mengambil pinjaman bank. Anda juga dapat memeriksa dengan pemasok truk untuk melihat apakah mereka menawarkan program pinjaman.

Memiliki skor kartu kredit yang baik dan uang untuk uang muka harus diatur sebelum mendekati pemberi pinjaman. Temukan investor yang bersedia atau luncurkan kampanye crowdfunding. Ada banyak kisah sukses orang yang menggunakan platform seperti Kickstarter atau Gofundme.

Atau, Anda bisa disponsori oleh angel investor . Ini adalah individu kaya yang bersedia berinvestasi di perusahaan baru dengan imbalan ekuitas. Anda dapat mendanai sendiri atau mem-bootstrap bisnis truk makanan Anda. Ini adalah cara yang cukup mudah untuk membiayai operasi Anda. Ini biasanya merupakan solusi jangka panjang yang membutuhkan disiplin untuk menghemat uang.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap