Festival Truk Makanan Menjadi Pendorong Bagi Usaha Kecil

Festival Truk Makanan Menjadi Pendorong Bagi Usaha Kecil

Festival Truk Makanan Menjadi Pendorong Bagi Usaha Kecil – Bertepatan dengan perayaan Hari Penjaja dan Peniaga Kecil tingkat nasional tahun 2021, lebih dari 30 food truck berpartisipasi dalam Festival Food Truck Malaysia, yang diadakan dari Kamis hingga Sabtu di Laman Menara Usahawan di Precinct 2, Putrajaya.

Festival Truk Makanan Menjadi Pendorong Bagi Usaha Kecil

treasureislandflea – Acara ini diselenggarakan oleh Koperasi Komunitas Food Truck Malaysia Berhad, dengan dukungan dari kementerian pengembangan wirausaha dan koperasi.

Variasi makanan yang unik termasuk favorit lokal seperti char kuey teow, nasi lemak, nasi dagang, dan roti John, sandwich dengan isian telur dadar. Ada juga waffle, hot dog, corn dog, ayam goreng dan kebab, serta berbagai macam minuman panas dan dingin.

“Mengingat pandemi, festival ini sangat membantu untuk bisnis,” kata Arif Ilyasa Mohd Azahan dari Kamila Fruit Juice and Coconut Shake, food truck yang menjual aneka jus buah segar.

Remaja berusia 18 tahun itu mengatakan dia menikmati acara semacam itu dan sebelumnya pernah berpartisipasi dalam festival serupa.

Baca Juga : Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Truk Makanan San Francisco

Hal ini diamini oleh Nurul Hafizah Mardhiah dari Food Truck Nelang by Zie’s Corner yang jauh-jauh datang dari Kuala Terengganu.

Food truck miliknya menjual nasi lemak dan keropok lekor yang disajikan panas dan dalam porsi yang banyak, serta minuman seperti kopi Vietnam.

Ini adalah pertama kalinya pemain berusia 28 tahun itu mengikuti festival truk makanan.

Peserta lain dari Kuala Terengganu adalah KJ Roaster yang menjual sop kambing dan kambing bakar dengan kentang goreng. KJ tentu saja menonjol, dengan aroma menggoda yang terpancar dari truk.

Khairool Supian, 36, mengatakan pelanggannya akan menikmati daging domba mereka dengan semangkuk sup daging kambing yang kaya rasa dan roti panggang panas.

“Ini adalah pertama kalinya saya di Putrajaya dan saya menyukai lingkungan yang meriah di sini,” kata Khairool, yang telah mengoperasikan truk makanan selama tiga tahun terakhir.

Juga populer adalah Mat Rock Ayam Goreng Kunyit, yang menyajikan nasi dengan pilihan protein seperti ayam, sapi, cumi, dan udang yang digoreng dengan kunyit.

Saiful Azmi Abdul Salam, 43, mengatakan kepada FMT bahwa pelanggannya menikmati makanan sederhana namun lezat ini, dan dia senang mendapatkan teman baru di festival tersebut.

Suasana pasti meriah pada hari Jumat, karena pelanggan terlihat memanfaatkan hari libur umum yang dideklarasikan untuk wilayah federal di Malaysia.

“Saya mengambil kesempatan untuk membawa anak-anak saya keluar karena mereka telah terkurung di rumah untuk sementara waktu,” kata Julie Halydzan, 36. “Sejauh ini, mereka sangat menikmati corn dog.”

Zubaira Ahmad, 28, juga memutuskan untuk menggunakan liburan untuk mengunjungi festival dan menikmati makanan, dan menyebut Mat Rock Ayam Goreng Kunyit sebagai yang menonjol.

“Menurut saya dagingnya sangat empuk dan enak. Ini jelas merupakan acara yang bagus untuk membantu usaha kecil,” kata Zubaira.

Meg Jali, 24, setuju, dengan mengatakan: “Ada banyak jenis makanan di sini. Festival ini tentu merupakan pengalaman yang berbeda dari pusat perbelanjaan, dan saya lebih suka berada di luar ruangan, mengingat situasi saat ini.

“Namun, saya masih berhati-hati,” tambahnya.

Sorotan lain di festival ini adalah pertarungan para pengamen, dan konser penutup yang menampilkan artis lokal seperti Man Bai dan Azlan & the Typewriter.

Menghargai pedagang asongan dan pedagang kecil

Dalam pidatonya yang meresmikan Hari Penjaja dan Peniaga Kecil pada hari Jumat, perdana menteri Ismail Sabri Yaakob mengatakan pedagang asongan dan pedagang kecil banyak di antaranya harus menutup bisnis mereka atau mencari alternatif selama pandemi merupakan komponen penting dari ekonomi domestik Malaysia.

Perayaan itu adalah cara pemerintah untuk mengakui kontribusi pedagang asongan dan pedagang kecil ke negara, tambahnya.

Share via
Copy link
Powered by Social Snap